Minggu, 22 November 2009

ikan bertelinga tajam

Ikan dasar laut (z.hubpages.com)

Dalam dasar laut, di mana sinar matahari tidak dapat menjangkau, terdapat ikan-ikan yang bentuknya sangat unik. Bentuk ikan dasar laut memang berbeda dari ikan-ikan biasanya. Salah satu perbedaannya adalah bentuk telinganya.

Bentuk telinga ikan dasar laut lebih tajam dan lebih kuat dibandingakan dengan ikan yang hidup di permukaan laut. Hal itu diketahui setelah peneliti hewan laut, mengumpulkan dan meneliti ikan yang tinggal di kedalaman 2,5 kilometer dari permukaan laut. Struktur telinganya berbeda karena tempat hidupnya yang berada dalam permukaan laut.

Telinga ikan dasar laut yang lebih tajam dan kuat membantu ikan bisa mengetahui keadaan di sekelilingnya yang selalu gelap karena tidak terkena cahaya matahari. Dengan pendengaran yang tajam, ikan dasar laut bisa mengenali keberadaan makanan, musuh dan bahkan pasangannya.

Telinga pada ikan yang tinggal di kedalaman laut seribu meter di Amerika Tengah, bentuknya sangat kaku dan sering disebut otolith. Peneliti memperkirakan fungsi otolith adalah untuk mengenali suara yang terdengar sangat pelan.

Ikan-ikan yang tinggal di dasar laut antara lain pinecone soldierfish dan clown knife fish. Apakah kalian sudah pernah melihatnya?

0 komentar:

Posting Komentar